teman paling setia (dunia akhirat)

banyak sekali teman kita ketika hidup didunia. anak, istri/suami,orang tua,sahabat,harta,kedudukan,dsb. namun tahukah kita dari sekian banyak teman hidup didunia ini tidak semua akan menemani kita dunia akhirat???

Teman/Saudara/Anak/Istri, mereka hanya mengantarkan sampai liang lahat.setelah itu mereka pulang kerumah  masing – masing untuk melanjutkan kehidupan selanjutnya. Harta yang kita himpun dengan penuh kerja keras selama hidup di dunia juga hanya mengantarkan sampai batas liang lahat.kedudukan/pangkat dan jabatan????ternyata teman2/relasi yang kita hasilkan karena jabatan yang kita sandang, mereka juga hanya sanggup mengantarkan kita sampai tepi liang lahat…

Lalu bagaimana nasib kita setelah masuk ke dalam liang lahat?siapa yang akan mendampingi kita berhadapan dengan malaikat untuk menjawab semua pertanyaannya?Siapa yang akan menemani kita menemui ALLAH Rabbul ‘izzati kelak di alam akhirat setelah dibangkitkan dari alam kubur????

Syukur ALhamdulillah, ternyata kita tidak sendiri menghadapi semua itu. Ada yang setia mendampingi kita ketika menjawab semua pertanyaan malaikat munkar nakir di alam kubur, ada yang masih setia menemani kita menghadap ALLAH SWT untuk mempertanggungjawabkan semua yang kita lakukan di dunia……siapakah teman setia itu???

Dalam sebuah hadits dari Abu Hurairah RA. Nabi Muhammad SAW. Bersabda: “Apabila anak adam (manusia) itu meninggal dunia maka terputuslah segala amalnya kecuali tiga yaitu : Sedekah Jariyah, Ilmu yang bermanfaat atau anak shalih yang mendoakannya“. (HR. Muslim)

Demikian sahabat seiman, teman2 setia yang akan mendampingi kita dunia akhirat. Mendampingi dunia akhirat???

Kalau kita perhatikan kehidupan  begitu bedanya kehidupan orang yang diliputi iman dan ilmu yang bermanfaat. Subhanallah sungguh mulia kehidupan dunianya.itubaru kehidupan dunianya untuk kehidupan akhiratnya sesuai dengan hadits nabi tadi insyaallah ilmunya juga menjadi saksinya dalam mempertanggungjawabkan kehidupannya nanti di hadapan ALLAH SWT. Bicara tentang ilmu, bahkan ALLAH SWT sendiri sudah berjanji akan meninggikan derajat orang yang beriman dan berilmu. sebagaimana firman ALLAH SWT dalam QS. Al Mujaadilah, 58:11)…ALLAH akan meninggikan orang – orang yang beriman diantara kamu sekalian dan orang – orang yang diberi ilmu beberapa derajat . jadi jelas sekali nikmat yang akan didapat oleh orang – orang yang diberi iman dan ilmu pengetahuan yang bermanfaat oleh ALLAH SWT.

kembali kepada pokok masalah tentang “teman setia”,marilah kita berlomba2 untuk mendapatkan teman setia itu,mungkin bukan suatu hal yang mudah tapi kalo kita niatkan insyaallah bisa kita dapatkan….Wallahua’lambisshawab

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s